Langsung ke konten utama

Rektor Dr. Marjoni Imamora, M.Sc Paparkan Perkembangan IAIN Batusangkar Di Hadapan Anggota DPR RI Komisi VIII

 Padang Komisi VIII DPR RI yang membidangi, Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, Penanggulangan Bencana, Badan Amil Zakat dan Badan Wakaf Indonesia, kunjungi Sumatera Barat.

Dalam rangka kunjungan kerja spesifik anggota DPR RI komisi VII hadir antara yakni Yandri Susanto, Ina Ammania, John Kenedy Azis, Mohammad Saleh, Saiful Rasyid, Lisda Hendrajoni, Achmad, M Asli Chaidir, Nasril Bahar serta Sekretariat Komisi.

Tujuan kedatangan DPR RI komisi VII ke Sumbar antara lain melakukan pertemuan dengan Rektor perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri, yakni Universitas Negeri Islam (UIN) Imam Bonjol Padang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dan IAIN Bukittinggi dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi keagamaan negeri.

IAIN Batusangkar yang dihadiri langsung oleh Rektor Dr. Marjoni Imamora, M.Sc yang juga didampingi oleh Kapala BIRO AUAK Drs. H. Yasrizal, MA.

Komisi VIII DPR RI menilai terlalu lama melaksanakan perkulihan secara daring akan berefek buruk terhadap kualitas dan karakter mahasiswa kerena itu perkulihan tatap muka harus segera diupayakan.

“Kita sudah lihat hampir dua tahun pandemi COVID-19, pendidikan menjadi salah satu sektor yang terimbas, harus melaksanakan pembelajaran daring sehingga tidak optimal. Jika terus dibiarkan akan terjadi lost generation,” kata Ketua Komis VIII DPR RI Yandri Susanto saat melaksanakan kunjungan kerja meninjau UIN Imam Bonjol Padang, Rabu (8/9/2021).

Menanggapi hal itu, Rektor IAIN Batusangkar memaparkan kita di IAIN Batusangkar sudah melakukan pertemuan dengan Satgas Covid-19 Kab. Tanah Datar dan juga sudah menggantongi izin rekomendasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka/secara luring terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“perkuliahan memperhatikan prinsip kesehatan dan keselamatan bagi seluruh civitas, perkuliahan tatap muka terbatas (Blanded Learning) komposisi 25 % tatap muka dan 75 % daring”

Marjoni juga paparkan program rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang IAIN Batusangkar, terutama Tri Dharma PT yang Integratif, Interkonektif, Bermutu dan Moderat untuk menyauti Revolusi Industri 4.0, dengan tata kelola perguruan tinggi yang baik berbasis RB, ZI-WBK/WBBM dan E-SMS dengan SDM yang unggul dan ramah IT, mengupayakan semua prodi/jurusan terakreditasi A/unggul, dan akan menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, produktif, inovatif, dan memiliki daya saing.

Disamping itu IAIN Batusangkar sedang melakukan transformasi menjadi UIN, yang sudah memasuki tahap pengajuan oleh Kementarian Agama RI ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tertanggal 30 Agustus 2021 kemaren, ini semua tidak terlepas perjuangan dan do’a kita bersama dengan dukungan penuh dari Pemprov Sumbar, Kanwil Agama Sumbar, Pemkab Tanah Datar dan juga harapan besar keluarga besar IAIN Batusangkar.”tutup marjoni.(hm/dn)

By: Doni Okta 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan pada Mahasiswa Baru 2019

Foto mahasiswa baru jurusan akuntansi 2019 Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan Jurusan pada Mahasiswa Baru tahun 2019, Rabu 21Agustus 2019, tempat local Febi 3.3 jam 13.00 WIB.  Sosialisasi ini telah dijalankan oleh Ketua Jurusan Akuntansi Syariah untuk ke 2 kalinya  pada mahasswa/i baru dalam waktu lebih kurang 15 menit dengan sebaik mungkin memberikan pemahaman yang sangat baik kepada seluruh mahasiswa/i baru jurusan akuntansi. Sosialisasi ini dilakukan pada saat bersamaan dengan kegiata PBAK 2019 yang dilaksanakan oleh IAIN Batusangkar dengan materi Profil Lullusan dan Etika Komunikasi Lisan/Tulisan . Alhamdulillah kegiatan PBAK ini sukses digelar selama 4 hari mulai dari 19-22 Agustus 2019.

EVALUASI PBM 2017/2018 JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH

Ketua Jurusan memberikan arahan pada mahasiswa jurusan akuntansi Syariah Tanggal 2 Desember 2018, Ketua Jurusan Akuntansi Syariah mengadakan Evaluasi PBM (Proses Belajar Mengajar) pada mahasiswa jurusan akuntansi tahun akademik 2017/2018.   Kegiatan Evaluasi ini dilakukan untuk pedoman bagi ketua jurusan /prodi  dalam merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan memperbaiki proses pembelajaran secara terus-menerus serta  dapat memonitor   dan   mengevaluasi   pelaksanaan   pembelajaran   yang   telah direncanakan oleh para dosen. Dari hasil pertemuan tersebut evaluasi pembelajaran semester genap 2017/2018 di Jurusan dapat saya simpulkan  bahwa : Sebagian  besar  dosen  sudah  memenuhi syarat  minimal  jumlah  tatap  muka  perkuliahan  selama  satu  semester (16)  kali.  Sebagian besar mahasiswa semester I, II sudah memenuhi syarat kehadiran perkuliahan selama satu semester.  Kinerja  dosen  umumnya  sudah baik dilihat dari rekap kehadiran dosen ,  meskipun terdapat 

CARA MUDAH MELAKUKAN PENELITIAN AKUNTANSI BAGI PEMULA

Prof. Dr. H. Eddy. R. Rasyid, Phd, CA ketika menyampaikan materi Jurusan Akuntansi Syariah pada Kamis tanggal 22 November 2018 menghadirkan Prof. Dr. H. Eddy R. Rasyid, Phd., CA dalam acara Visiting Doctor. Beliau merupakan Dosen senior pada Universitas Andalas (UNAND) Padang. Bertempat di Aula Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar kegiatan ini dilangsungkan yang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan  Elfina Yenti, SE., Ak.,M.Si., CA. Tampak juga hadir pada kegiatan itu Kepala Bagian Tata Usaha Arif Zunzul Maizal, M.Ag. Dalam sambutannya Elfina sangat mengapresiasi terhadap kegiatan karena ini akan sangat bermaanfaat sekali bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian terbukti dengan antusiasnya  mahasiswa yang mulai memasuki ruang aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar. Eddy Rasyid dalam tema y